iklan melayang

protected by

Sunday, September 10, 2017

Cara Agar Blog Seo Friendly Terhadap Mesin Pencari.

seo-blog


Mengoptimasi mesin pencari hukumnya adalah wajib bagi seorang blogger, dalam arti saya adalah blogger-blogger pemula seperti saya ini yang sedang berjuang membangun blog mulai dari awal. Sebab bagi seorang ahli blogger atau master penulis artikel sudah tidak perlu ditanyakan lagi dan tidak perlu heran dengan optimasi seo blog atau website mereka. Jika kita mengoptimasi halaman blog atau website kita, termasuk postingan/ artikel blog kita maka akan begitu dengan mudah orang-orang akan menemukan apa yang mereka cari dengan kata kunci terkait (misal: merk produk, jasa, tutorial, bisnis online dll) yang terletak pada blog kita melalui mesin pencari google.

Tapi hal seperti ini kadang-kadang menjadi sebuah sesuatu yang menyulitkan bagi yang belum terbiasa. Saya paham bagi seorang blogger pemula akan mengalami kebingungan apa yang semestinya mereka lakukan. Setelah membuat blog lalu menulis artikel dan memposingnya, ya sudah, dan sedikit membagikan ke media sosial, selesai. Masalahnya kegiatan ngeblog bukan hanya sekedar nulis artikel layaknya bikin status curhatan di facebook mengharapkan like dan komentar dari teman-teman. Tanpa ada usaha untuk mengoptimasi blog dengan teknik dasar seo  terhadap mesin pencari, maka sama saja kita membiarkan blog kita sia-sia. Apalagi jika tujuan kita ngeblog dibarengi dengan mencari pundi-pundi dolar dari iklan, maka penghasilan akan kurang maksimal.

Dipostingan kali ini, kita akan membahas bagaimana untuk optimasi seo blog agar ramah terhadap mesin pencari. Yuk kita simak tips-tips seo dasar berikut ini.

1. Fokuslah pada 1-3 kata kunci ekor panjang (long-tail keywords).

Mengoptimalkan artikel atau postingan blog dengan kata kunci bukanlah tentang sekedar memasukkan sebanyak-banyaknya kata kunci ke postingan kita, dalam arti terlalu berlebihan. Justru inilah yang menurut saya salah, karena hal ini bisa menyebabkan mesin pencari menganggap blog kita cuma mengisi kata-kata kunci saja (misalnya memasukkan kata kunci sebanyak mungkin untuk mendapatkan peringkat dalam pencarian organik).

Hal seperti ini malah dianggap tidak ramah terhadap mesin pencari, dan akan membuat kesan risih atau kesan kurang memuaskan terhadap pembaca alias membingungkan. Sebagai jalan lain kita gunakan kata kunci yang wajar-wajar saja dan tidak terkesan memaksakan. Cara yang praktis dan bagus cukup menggunakan satu atau dua kata kunci per satu postingan. Ya di lebihkan sedikit tidak masalah yang penting tetap fokus terhadap sasaran postingan kita.




Menggunakan kata kunci ekor panjang atau long-tail keywords mungkin akan lebih efisien,  long-tail keywords atau jika didefinisikan  adalah hasil modifikasi kata kunci utama menjadi sedikit lebih panjang. Dengan mengkombinasikan dengan kata-kata lain yang pas, maka 1-2 kata kunci utama akan menjadi 3-5 long-tail keywords. Sebagai contoh kata kunci utama 'rumus rubik' maka jika kita jadikan long-tail keywords akan jadi 'rumus rubik termudah' atau 'rumus rubik untuk pemula'.

2. Sertakan kata kunci utama pada bagian krusial di blog kita.

Ada bagian-bagian tertentu dari blog yang paling disukai, sangat krusial dan gampang terindex oleh mesin pencari. Yaitu pada bagian : Judul, Header postingan, Url dan Deskripsi meta.

Judul
Judul adalah sebuah deskripsi singkat yang akan memberitahu pembaca tentang isi dari postingan tersebut. Sebuah langkah awal mesin pencari membaca dan merelevansi atau keterkaitan dan kecocokan dari konten blog kita, termasuk kata kunci tadi. Meskipun judul panjang tetapi mencakup dari kata kunci utama itulah cara yang benar.

 Header postingan
Header postingan adalah bagian awal atau pembukaan sebuah artikel, yaitu pada paragraf pertama. Biasanya sebelum kita menulis sebuah artikel kita akan memikirkan memasukkan kata kunci pada bagian seluruh postingan, jika itu dalam skala yang wajar sih tidak masalah, takutnya jika kita memasukkan kata kunci yang berlebihan alias lebay, mungkin dampak buruk bisa saja terjadi, seperti yang saya bilang tadi, mesin pencari akan mendeteksi bahwa blog kita cuma daftar atau isian kata kunci saja.
Nah, kapanpun kita akan membuat artikel, mulai saat ini fokuskanlah kata kunci pada header postingan. Sebab jika kita melihat pada hasil penelusuran google maka hasil yang nampak biasanya 3 poin penting, yaitu judul, url dan sedikit isi dari postingan yaitu pada header tadi. Jika kamu tidak percaya silakan coba sekarang juga telusuri google.

Url
Url atau tautan dari postingan kita ada kaitannya dengan judul, jika judul singkat dan jelas maka url-nya bagus dan tidak terpotong. Sebagai contoh jika judulnya 'Cara Membuat Postingan Yang Ramah Seo' maka url yang tercipta http;//www,sakurahitam,net/cara-membuat-postingan-yang-ramah-seo.html.

Jika terlalu panjang misalnya  'Cara Membuat Postingan Yang Ramah Seo Dan Mudah Terindex Google' maka biasanya url akan terpotong seperti ini http;//www,sakurahitam,net/cara-membuat-postingan-yang-ramah-seo-dan-mudah-ter.html. So, mesin pencari akan memerhatikan hal sedetil ini, jadi agar url bagus buatlah judul yang singkat dan jelas namun mencakup dari sasaran kata kunci.

Ataupun kita juga bisa menggunakan kustom permalink pada bagian sisi kiri setelan entri. Pilih Tautan permanen >> Tautan permanen khusus. Masukan kata yang akan dijadikan url. Usahakan seminimalis mungkin. Misalnya "agar-blog-seo-friendly".
Kustom-url

Deskripsi meta
Deskripsi meta bisa diartikan sebuah atribut html yang memberikan gambaran singkat tentang isi dari halaman web. Di blogger sendiri deskripsi meta bisa disetel melalui pengaturan blog. Buka dashbor >> setelan >> preferensi penelusuran  >> pada bagian deskripsi pilih edit dan masukkan deskripsinya lalu pada bagian 'Aktifkan preferensi penelusuran?' pilih "Ya" dan  simpan.

3. Pastikan blog kita ramah pengguna ponsel / Mobile-friendly.

Semenjak google mengungkapkan bahwa lebih banyak orang menelusuri mesin pencari dengan ponsel mereka dibanding menggunakan desktop, sejak itulah google melakukan perbaikan untuk hasil penelusuran dengan menggunakan ponsel.

Namun google akan lebih menyukai terhadap blog atau web yang mobile-friendly. Hal ini cukup dilakukan dengan cara memilih desain template yang bisa menyesuaikan tampilan desktop dan tampilan ponsel. Jika keduanya penting, kenapa tidak? kecuali jika kita tidak peduli dengan seo, biarkan saja.

Untuk mengetahui apakah blog kita sudah mobile friendly cukup lakukan uji coba disini.

4. Optimalkan Gambar

Membuat sebuah postingan tidak melulu teks saja, kita juga harus menyertakan gambar untuk menambah memperjelas konten kita. Namun mesin pencari tidak bisa membaca gambar, jadi harus bagaimana? Kita akan gunakan alt teks supaya mesin pencari bisa membacanya.

Contoh: Kita akan menyertakan gambar rubik dan file asli berformat .JPG misalnya: IMG0221.JPG. Nah yang harus kita lakukan adalah memberi gambar tersebut sesuai dengan nama benda aslinya. Kita bisa melakukannya langsung di kotak new-entri saat membuat postingan. Lihat gambar berikut.






5. Berikan Link Internal


Memberikan link internal pada sebuah postingan akan membantu menunjukkan kecocokan konten pada blog kita, link internal ini dimaksud adalah mencantumkan tautan  didalam artikel yang akan mengarahkan ke halaman luar. Link tersebut bisa berupa tautan postingan sebelumnya atau postingan-postingan yang berkaitan dengan tema yang sedang dibahas.

6. Gunakan alat webmaster tool (Google search console).




Dengan alat ini kita bisa menambahkan url-url dari artikel kita yang akan kita kirim ke indeks google melalui kotak yang disediakan. Url yang sudah terkirim akan terdaftar pada indeks mesin pencari, sehingga semua artikel diblog kita bisa dengan mudah terindeks oleh mesin pencari.


Nah, sebagai blogger pemula kita harus rajin-rajin melakukan otimasi seo blog terhadap mesin pencari. Tujuannya agar blog kita mendapatkan posisi 10 besar dalam hasil penelusuran. Hal ini akan meningkatkan view atau pengunjung blog atau situs kita sehingga kesempatan klik iklan yang kita dapatkan juga akan berpeluang besar, dan pendapatan akan besar pula. Namun Optimasi seo juga bukan jaminan terbaik jika tidak diimbangi dengan artikel yang bagus, karena sekarang ini artikel yang bagus adalah raja dari SEO itu sendiri. Semoga bermanfaat dan salam nusantara!

Tag : Tips seo, seo blog, optimasi seo, blogger seo friendly.

10 comments:

  1. Mau tanya gan ... Berapa jumlah link in yang bagus dalam satu artikel posting ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika artikel pendek 2-3 dan jika artikel panjang bisa 5-6 aja cukup.
      Karena jika terlalu banyak bisa terindikasi spam

      Delete
  2. Sipp..
    Baru tau fitur image properties dari sini..

    Thanks gan..

    ReplyDelete
  3. tambahan sedikit mas untuk artikel yang lebih seo sebaiknya gunakan h1 atau h2 yang mengandung fokus keyword minimal 1 atau 2 dan url nya juga tidak mesti panjang mas intinya mengandung fokus keyword yang dituju.

    ReplyDelete
  4. gan, kira kira biasanya blog udah ramai kunjungan itu ketika udah mencapai berapa postingan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyaknya postingan tidak jaminan blog ramai dikunjungi sob, optimasi seo nya yang benar trus rajin sharing ke sosial media bisa membantu menambah trafik blog. Jika blog sudah mendapat pagerank oleh mesin pencari dan gampang terindeks maka otomatis akan banyak pengunjung organik. Blog pasti ramai bisa 2K visitor perhari.

      Delete
  5. Kira-kiran template blog yang saya pakai sekarang ini mempengaruhi SEO gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo ringan, tidak ada pengaruh buruk sob..

      Delete
  6. Terima kasih tutorialnya, akan saya coba terapkan suhu, agar bisa ramai blognya dengan cara SEO.

    ReplyDelete