Header Ads

Optimasi SEO Blog Dengan Mendaftarkan ke WebMaster Tool (Google Search Console).

Advertise

Advertise



Optimasi SEO (Searh Engine Optimation) bagi seorang blogger wajib mengetahuinya, Sebab dengan mengoptimasi blog kepada mesin pencari akan mempengaruhi keberadaan posisi blog kita diantara berjuta-juta bahkan milyaran blog atau website di seluruh penjuru dunia. Para blogger berlomba-lomba menempatkan posisi keberadaan blog atau websitenya berada diurutan 10 besar mesin pencari seperti Google, Bing, Alexa, Yahoo Search dan masih banyak lainnya. Ada banyak tip-tips SEO yang bisa kalian terapkan agar blog atau website dengan mudah terindex oleh mesin pencari. Nah, Salah satunya adalah dengan mendaftarkan atau memverifikasi blog kita ke Google WebMaster Tool sebuah alat milik perusahaan google.



Selain dapat meningkatkan pagerank situs, optimasi ini sebagai bentuk bukti kepemilikan situs kita. Dengan begitu mesin pencari akan bekerja dengan baik dan optimal tidak mendeteksi bahwa situs tersebut adalah aktifitas robot. Berikut ini langkah-langkahnya akan saya jelaskan.
Cara mendaftarkan/ Verifikasi Blog Ke Google WebMaster Tool (google Search Console).

  • Kunjungi Google WebMaster Tool (Login dengan akun google).
  • Tambahkan Properti
  • Masukkan url blog kalian dan klik Tambah.
  • Pilih Metode Alternative lalu pilih Tag Html lalu copy kodenya.
  • Buka dasbor blogger - Tema - Edit html - pastekan kodenya tepat dibawah  - Simpan Tema
  • Pergi lagi ke WebMaster Toolnya klik Verifikasi
Dan selamat, blog kamu kini sudah diverifikasi. Itu artinya bukti kepemilikan situs telah diketahui oleh google bahwa Andalah pemiliknya. Selain itu agar hasil optimasi lebih optimal sebaiknya kita crawl satu persatu semua postingan atau artikel dengan google search console  agar lebih cepat terindex mesin pencari google. Tatacaranya silakan baca Agar Artikel/Postingan Mudah Terindeks Google.
Semoga bermanfaat. Salam nusantara !!


4 comments:

  1. Gan.. Kalau kita ganti domain apakah berpengaruh ke webmaster? Kalau iya pengaruhnya apa saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sudah pasti, efek atau dampak ganti domain bisa berpengaruh negatif trhdap blog kita. misalnya kita musti memverifikasi ulang blog dgn domain baru ke webmaster, klo tidak maka blog akan susah terindex oleh mesin pencari. Trafik blog jadi menurun, sebab dengan domain baru sama aja kita pindah rumah dan alamat baru, so pengunjung akan
      kesulitan menemukan alamat baru kita, sebab itu penting sekali dgn domain baru kita musti rajin2 optimasi seo dan jangan lupa perbanyak lg postingan blog kita.
      Trus efek lainnya kita tidak bisa memonetisasi blog dengan adsense hosted, otomatis penghasilan akan menurun.
      kurang lebih itulah efek2nya, tpi gak perlu khawatir, dengan domain baru berarti kita mulai segala sesuatu dari awal lagi. jika kita rajin ngeblog, semua bisa kembali lancar seperti semula.

      Delete
  2. gan kalo buat wordpress gimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara ini sama untuk setiap blog dengan platform apapun. Intinya cara ini untuk verifikasi kepemilikan blog kepada google. Begitu kita2 sob..

      Delete