Header Ads

Cara mengupgrade akun google adsense hosted ke non-hosted

Advertise

Advertise

Cara mengupgrade akun google adsense hosted ke non-hosted

http://www.sakurahitam.net/2017/09/cara-mengupgrade-akun-google-adsense.html

Siapa sih yang belum tahu Adsense? Jika kamu seorang youtuber atau blogger kata adsense sudah tidak asing lagi di telinga mereka. Ya, Adsense adalah jaringan iklan terbesar dan terkemuka milik perusahaan google. Jenis Akun adsense ada 2 yaitu Adsense hosted dan Adsense non-hosted.

Sebelum saya jelaskan mengenai perbedaan kedua jenis akun tersebut, saya akan ceritakan sedikit perjalanan saya di dunia blogging hingga akhirnya saya mengenali apa itu Adsense. Awal saya main blog sebenarnya hanya untuk ikut-ikutan dan iseng saja. Namun lama-kelamaan seiring berjalannya waktu akhirnya seorang teman yang sesama blogger menceritakan bahwa dia bisa mendapatkan banyak uang dari hasil ngeblog. Hingga akhirnya saya dikenalkan dengan apa yg dinamakn Adsense ini.

Dulu, mendapatkan akun adsense yang disetujui sangatlah mudah, yang kita butuhkan hanyalah mengajukan permohonan Adsense melalui blogspot dan youtube, atau biasa disebut Adsense blog dan adsense youtube. Tapi kebanyakan orang justru menyalahgunakannya dengan memasang kode iklan pada blog yang diluar mitra google. Sehingga inilah yang menyebabkan melanggar kebijakan aturan pihak google Adsense.

Sehingga google melakukan perubahan kebijakan Adsense besar-besaran seperti yang mereka katakan di blog mereka. Dan dibuatlah dua jenis akun Adsense yang berbeda yaitu akun Adsense hosted dan Adsense non-hosted. Nah, kini sudah tahu kan kenapa Adsense ada dua jenis?

Inilah perbedaan akun adsense hosted dan akun adsense non-hosted.
Akun hosted adalah akun yang disetujui oleh situs mitra google seperti Youtube, Blogspot dan HubPages. Jikan kamu mengajukan dengan ini maka akun Adsense yang kita kenal sebagai Adsense Hosted Account.

Akun non-hosted atau Akun yang tidak dihosting Adsense adalah akun yang bisa kita gunakan pada situs manapun yg kita miliki yang berdomain TLD (Top Level Domain) seperti .COM, .NET, .ORG, dan lain sebagainya.
Berbeda dengan akun hosted, akun non-hosted lebih sulit untuk mendapatkan persetujuan, kenapa? Karena jika kita ingin mengajukan permohonan adsense untuk jenis non-hosted kita harus memiliki blog atau situs yang berkualitas dan harus memenuhi syarat google Adsense. Tim mereka akan meninjau secara manual langsung ke blog atau situs kita apakah layak disetujui atau tidak.

Lalu jenis apakah akun Adsense yang saya miliki? Akun adsense yang saya miliki adalah akun hosted yang kemudian di upgrade ke non-hosted. Emang bisa? Gimana caranya? Ada banyak teman saya bertanya apakah bisa Adsense youtube digunakan di blog? Jawabannya bisa.

Dulu saya pernah mempunyai channel youtube, subcriber saya mencapi 17K dan penghasilan dari adsense mencapai $600/bulan. Namun karena berkali-kali saya melanggar aturan dan kebijakan komunitas youtube akhirnya channel saya di suspend atau di banned untuk selama-lamanya. Seperti yang pernah saya ceritakan pada postingan sebelumnya ( Cara mennambah akun pengguna Adsense dengan email berbeda ), Akhirnya saya memanfaatkan kembali Adsense hosted saya (yang diajukan melalui youtube) dengan mengupgrade-nya menjadi akun non-hosted karena akan saya gunakan pada blog yang berdomain TLD (.net).

Sebelum kita mengajukan untuk mengupgrade ke akun non-hosted adakalanya kita persiapkan dulu blog atau situs kita agar memenuhi syarat Adsense. Berikut tips-tipsnya.
  • Tambahkan menu pada halaman utama seperti Tentang saya dan Hubungi saya.
  • Kita harus memiliki domain TLD seperti .NET, .COM, .ORG, .SITE dll.
  • Kita harus berumur 18+, karena untuk penerimaan pembayaran kita harus menyertakan rekening Bank.
  • Menulis postingan yang berkualitas usahakan bukan artikel copy-paste, paling tidak kita mempunyai 3 postingan diblog.
  • Design template blog harus rapi dan responsive(loading cepat).

Setelah sudah siap mari kita lakukan pengajuan. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Masuk ke Adsense >> lalu pilih menu My Ads >> Pilih Other Product.
2. Masukkan alamat blog kita pada kolom yang disediakan >> klik Submit.

3. Setelah itu kita akan mendapatkan kode iklan kosong (putih) lalu copy kodenya.


4. Buka dasbor blogger pada tab baru - Klik Tema - Edit HTML - Pastekan kode iklan tadi (sebaiknya diparse dulu kodenya disini) letakkan diatas kode < /head > lalu Simpan Tema. 
5. Kembali ke tab Adsense dan klik Done.
6. Akan muncul pembertahuan bahwa blog kita akan direview selama kurang lebih 3 hari.

Nah, jika mereka selesai mereview blog atau situs kita mereka akan memberitahu lewat email bahwa pengajuan disetujui ataupun ditolak. Jika ditolak cobalah lain kali mengulangi cara yang sama sampai akhirnya benar-benar diterima. Jika masih ditolak lagi, jangan khawatir kita masih bisa menayangkan iklan dari advertiser lain selain Google Adsense. Sekian semoga bermanfaat jika ada yang diragukan silakan tanyakan dikolom komentar dibawah ini dan akhir kata salam nusantara!

Tag : Adsense, Upgrade Adsense, Akun Hosted, Akun non-hosted

10 comments:

  1. Tambahan... Kalau ditolak sebaiknya perbaiki dulu apa kekurangan yang diinformasikan oleh pihak adsense baru mendaftarkan kembali, karena jika tanpa perbaikan pasti akan ditolak lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali sob, apa aj kekurangannya harus diperbaiki, thanks koreksinya :)

      Delete
  2. Tapi kok saya ga ada dapet pemberitahuan dari gogle ads nya bos. Cuma dijelaskan diemailnya belum bisa disetujui gtu aja.

    ReplyDelete
  3. iya berarti itu pemberitahuannya sob, pemberitahuan memang biasanya lewat email, ditolak atau disetujui.

    ReplyDelete
  4. mengenai keterlambatan pemberitahuan dari fihak GA apakah memang biasa terjadi gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan, tp biasanya normal dalam jangka 3 sampai 7 hari. klo jika blog sudah ada iklan dan blog tersebut dalam tinjauan, bisa jadi lama nunggu persetyjuan dari pihak adsense. karena adsense gak mau di duain.

      Delete
  5. Wih... Keren ini. Jadi itu sebabnya, kenapa akun selain blogspot dan akun lain yang tidak bermitra dg google, sulit mendapatkan persetujuan dari adsense?
    Bisa saya kasih tahu temanku yg memakai akun non-hosted ini.
    Terima kasih, mas.

    ReplyDelete
  6. Ternyata mudah ya gan cara nya, saya fikir sulit. Mungkin setelah proses upgrade harus banyak2 berdoa supaya di setujui.
    Thanks info nya gan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang mudah klo dilakukan dengan serius dijamin berhasil.

      Delete